POTENSI DESA DUWEK BUTER

Kacang tanah,tanaman pohon bambu,dan padi.Dalam desa duwek buter terdapat 3 hasil alam yang berpotensi tinggi.hasil alam tersebut meliputi kacang tanah,tanaman pohon bambu dan padi.

  1. Kacang tanah dalam desa duwek buter sangat berpotensi besar dan juga menjadi salah satu sumber mata pencarian warga desa duwek buter.dalam penanaman kacang tanah mampu menghasilkan dua keuntungan untuk petani desa duwek buter yaitu dengan menjual kedua bagiannya daun dan hasil kacangnya.tetapi dalam sistem penanamannnya mempunyai kekkuarangan yaitu dalam penanaman kurang adanya jarak tanam sehingga hasil panen yang dihasilkan kurang maksimal.untuk saat ini upaya dari desa duwek buter untuk para petaninya adalah melakukan PPL (Pelatihan pengolahan lahan) yang dilakukan oleh kecamatan kwanyar.tetapi dengan dilaksanakannya pelatihan tersebut belum dapat merubah cara bercocok tanam masyarakat dari tradisonal ke modern. Dari kekurangan serta kelebihannya keinginan kedepannya desa duwek buter ingin merubah menseat masyarakat yang merubah cara bercocok tanamnya,agar hasil dari panen maksimal.
  2. Tanaman pohon bambu adalah salah satu potensi alam yang melimpah didesa duwek buter dan saat ini hasil nya digunakan untuk anyaman besek dan juga selain itu dijual bambu utuhnya.dalam kekurangannya potensi bambu kurang dikembangkan oleh masyarakat duwek buter,upaya yang saat ini sudah dilakukan adalah pelatihan pengolahan lahan dari kwanyar,sedangkan untuk harapan kedepannya agar warga desa duwek buter dapat mengembangkan tanaman bambu menjadi olahan kerajinan yang hasilnya dapat menambah perekonomian masyarakat.
  3. Tanaman padi adalah salah satu potensi alam yang besar didesa duwek buter.karena dari lahan yang luas didesa duwek buter juga tanaman padi dalam desa ini dapat di panen 3 kali dalam setahunnya.kekurangannya adalah masyarakat masih menggunakan cara bercocok tanam yang tradisional padahal upaya pelatihan penanaman dan percontohan sudah sering dilakukan dari kecamatan kwanyar tetapi masyarakat masih menggunakan cara bercocok tanam yang tardisional.harapan kedepannya agar masyarakat merubah pola pikir sehingga merubah cara bercocok tanam dan hasil yang diperoleh masyarakat makasimal.


Komentar

Postingan populer dari blog ini