Selayang Pandang Mengenai Informasi Geografis
di Desa Duwek Buter


Desa  Duwek  Buter  adalah  salah  satu  desa  yang  terletak  di Kec. Kwanyar, Kab. Bangkalan - Jawa Timur . Sebelah Timur dari desa berbatasan langsung dengan Desa Glisgis, Kec. Modung. Sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Batah Barat, Kec. Kwanyar. Sebelah Barat berbatasan dengan Desa Pandanan, Kec. Kwanyar dan Sebelah Utara berbatasan dengan Desa Kokoh, Kec.  Modung.



Desa Duwek Buter memiliki luas wilayah seluas 1001 km² dan memiliki tingkat kesuburan tanah yang cukup tinggi karena daerah yang terletak 30 meter diatas permukaan laut. Tanah ini cocok untuk bercocok tanam, tanah irigasi, dan tanah tadah hujan. Karena tekstur tanah tergolong subur ini, masyarakat di Desa Duwek Buter mayoritas menjadi petani, adapun beberapa tanaman yang ditanam oleh petani antara lain kacang tanah, kedelai, dan padi.

Desa Duwek Buter sendiri terbagi menjadi tiga dusun, yaitu : (1) Duwek Buter, (2) Rabesen, dan (3) Pangkandhang. 

Sumber : Google Maps, 2019

Salah satu olahan makanan khas dari Desa Duwek Buter adalah Bebek Glisgis. Walaupun nama makannanya sama dengan desa sebelah, namun menurut warga sekitar Bebek Glisgis khas Duwek Buter memiliki Bumbu yang sangat istimewa dan khas. Salah satu pembeda nya adalah ada pada Bumbu Olahan nya, yaitu Bumbu Hijau dengan Cabai Rawit yang masih utuh (tidak dipotong ataupun diuleg).

Salah satu produk unggulan yang ada di Desa Duwek Buter adalah Kerajinan Batik khas dari Desa Duwek Buter sendiri. Menurut keterangan dari Ketua Kelompok Pengrajin Batik yaitu Mas Rohman, Batik yang dibuat di Desa Duwek Buter memiliki ciri khas tersendiri, yaitu memiliki motif yang mengangkant potensi asli desa, seperti : motif bambu, motif daun pepaya, motif kuda, dan motif buah juwet (duwek). Saat ini, Batik khas Desa Duwek Buter dapat dibeli oleh Konsumen Secara Online, Berikut kami lampirkan beberapa kontak yang dapat dihubungi jika pembaca merasa tertarik untuk membeli salah satu produk unggulan khas Desa Duwek Buter

-(Presti Surya Lesmana, KKN 56 UTM 2019)

0 komentar:

Posting Komentar

Search

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter